MENGATASI-DEMAM-BAYI

Mengatasi Demam pada Bayi

Tips Mengatasi Demam Pada Bayi, Orangtua Wajib Tahu

Kebanyakan orangtua akan panik saat mengatasi demam pada bayi, terutama jika itu anak pertamanya. Hal ini sangat wajar, sebab setiap orangtua pasti mengkhawatirkan keselamatan anaknya.

Anda akan kebingungan dan justru memberikan penanganan pertama yang tidak benar. Padahal, tidak semua demam yang dialami oleh bayi membahayakan. Beberapa bahkan bisa ditangani terlebih dahulu di rumah.

Demam merupakan gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh bayi. Sebenarnya, demam adalah tanda bahwa sistem imun bayi sedang melawan infeksi atau penyakit di dalam tubuhnya.

Saat demam suhu tubuh bayi bisa mencapai 38 derajat Celsius atau bahkan lebih. Saat demam, nafsu makan bayi akan menurun, lebih lesu dan tidak aktif seperti biasanya, di kulitnya muncul ruam merah, gangguan pernafasan, dan lainnya.

Jika gejala tersebut sudah parah, maka Anda harus membawa Si Kecil ke rumah sakit. Namun jika masih gejala ringan, Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan tips yang akan kami berikan berikut.

Tips Mengatasi Demam Pada Bayi

Jika si kecil mengalami gejala demam, maka Anda sebagai orangtua tidak boleh panik. Lakukan penanganan pertama terlebih dahulu untuk mengatasi demamnya. Tujuannya adalah agar penanganan si kecil lebih efektif.

Selain itu, jika memang demamnya tidak parah, Anda bisa menghemat uang untuk biaya dokter. Tapi jika setelah melakukan penangan pertama tidak kunjung membaik, maka Anda bisa membawanya ke dokter.

Tips yang akan kami berikan juga dapat digunakan untuk merawat bayi yang masih demam saat proses pengobatan. Berikut ini adalah tips penanganan untuk mengatasi demam Si Kecil:

  1. Mengelap Tubuhnya Menggunakan Anduk Hangat

Banyak orang tua yang ragu atau bahkan takut jika Si Kecil dimandikan ketika demam. Padahal, memandikan bukan larangan untuk memandikan bayi yang sedang demam. Asalkan, air yang digunakan adalah air hangat.

BACA JUGA :  Kiat Meningkatkan Sistem Imun Balita agar Tidak Mudah Sakit

Pastikan bukan air dingin atau panas. Suhu air yang ideal saat memandikan bayi ketika demam adalah 37 – 38 derajat Celcius. Manfaat memandikan bayi dengan air hangat ini adalah untuk membuatnya lebih rileks dan membantu menurunkan suhu tubuh.

Tapi, jika Anda masih ragu dan khawatir bayi akan menggigil, maka sebagai gantinya bisa mengelap tubuh bayi menggunakan anduk hangat. Selain bisa menurunkan demam, cara ini juga bisa menjaga tubuh bayi tetap bersih.

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Tips mengatasi demam pada bayi berikutnya adalah dengan mengenakan pakaian nyaman dan sejuk untuk sikecil. Sampai saat ini masih banyak orangtua yang salah kaprah. Saat bayi demam, malah mengenakannya pakaian tebal.

Padahal, pakaian tebal bisa membuat bayi merasa lebih kepanasan dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, Anda harus mengenakannya dengan pakaian yang nyaman dan membuat tubuhnya sejuk.

  1. Jaga Suhu Ruang Tetap Sejuk

Suhu ruangan juga harus diperhatikan saat si kecil tengah demam. Pastikan suhu ruangan tetap sejuk dan jangan begitu panas agar bayi merasa nyaman. Anda bisa menggunakan bantuan AC atau bahkan kipas angin.

Tapi, jangan sampai arah anginnya langsung mengenai tubuh bayi. Pastikan Anda harus mengaturnya sedemikian rupa agar tetap nyaman untuk bayi.

  1. Pastikan Kebutuhannya Terpenuhi

Saat bayi mengalami demam, dia akan mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan cairan tubuhnya terpenuhi dengan memberikan ASI, atau air putih jika usia bayi sudah lebih dari 6 bulan.

  1. Berikan Obat Penurun Panas

Langkah berikutnya adalah memberikan obat penurun panas untuk bayi. Pilih obat yang paling aman dan sesuaikan dosisnya dengan usia anak anda.

Pastikan Anda memahami dan dapat mempraktikan tips di atas. Sebab, dengan cara mengatasi demam pada bayi yang tepat, maka kondisi bayi akan lebih cepat membaik.

BACA JUGA :  Obat Covid untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *