PENANGANAN-LUKA

Langkah Penanganan Pertama Luka Lecet Saat Si Kecil Jatuh

Langkah Penanganan Pertama Luka Lecet Saat Si Kecil Jatuh

Penanganan pertama luka lecet menjadi pengetahuan dasar yang harus diketahui, terutama bagi Anda yang memiliki anak pada fase aktif. Anak yang sedang aktif-aktifnya dan banyak kegiatan, sering kali tidak bisa terhindar dari jatuh.

Bisa jatuh saat sedang berlari, jatuh dari sepeda, dan lain sebagainya. Sehingga, mereka akan mengalami luka lecet yang merupakan salah satu luka terbuka pada permukaan kulit atau pada bagian epidermis kulit.

Sekilas luka ini memang tidak parah, bahkan tidak separah luka sayat, luka robek, atau luka bakar. Namun, jika penangannya tidak tepat, luka ini akan menyebabkan infeksi parah dan menyakitkan bagi Si Kecil.

Oleh sebab itu, sebagai orangtua Anda harus tahu bagaimana menanganinya agar luka tersebut tidak menjadi semakin parah. Berikut ini kami sudah merangkum langkah-langkah menangani luka lecet.

Penanganan Pertama Pada Luka Lecet

Luka lecet muncul akibat gesekan kasar pada bagian kulit luar. Luka ini tidak menyebabkan pendarahan hebat, hanya saja rasanya sangat perih. Lecet bisa terjadi di semua bagian kulit jika mengalami gesekan.

Terutama kulit yang dekat dengan tulang, seperti siku, lutut atau tulang kering. Lecet sering sekali dialami oleh anak kecil yang sedang aktif beraktivitas di luar ruangan, bermain bersama temannya.

Anda tidak perlu khawatir saat Si Kecil pulang dengan penuh luka lecet. Sebab, luka ini termasuk golongan luka ringan dan sangat bisa untuk diobati sendiri. Tapi, Anda harus melakukan penanganan pertama dengan benar.

Sebab jika tidak, potensi terjadinya infeksi sangat besar yang justru akan memperparah luka. Berikut ini, kamu sudah merangkum cara mengangani luka lecet pada si kecil dengan benar.

  1. Bersihkan Area Luka
BACA JUGA :  Kanker Payudara Wanita Muda, Apa Perbedaannya?

Langkah penanganan pertama luka lecet adalah dengan membersihkan luka tersebut hingga tidak ada kotoran yang menempel. Kotoran tersebut misalnya adalah pasir atau material lainnya.

Sebab, kotoran bisa menjadi faktor utama terjadinya infeksi pada luka jika tidak dibersihkan dengan benar. Anda bisa membersihkan luka Si Kecil dengan menggunakan air mengalir dan sabun bayi yang tidak membuat perih.

Usahakan Anda menghindari membersihkan luka dengan alkohol atau iodine. Sebab, keduanya akan membuat luka terasa semakin perih dan kotoran tidak dapat dibersihkan secara maksimal.

  1. Oleskan Antibiotik

Setelah luka bersih, Anda bisa mengeringkannya. Kemudian, oleskan salep antibiotik pada sekitar luka untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi oleh bakteri patogen lainnya.

Hindari penggunaan salep selain obat luka karena bisa menyebabkan reaksi yang justru memperparah. Kecuali, Anda sudah berkonsultasi dengan dokter.

  1. Tutup Luka Menggunakan Kasa Steril

Langkah penanganan pertama luka lecet berikutnya adalah menutup luka yang sudah diolesi salep antibiotik menggunakan kasa steril. Tujuannya adalah untuk melindungi luka agar tidak terpapar kotoran dari luar.

Kotoran dari luar bisa menyebabkan infeksi pada luka. Selain itu, penutupan luka juga bertujuan untuk melindungi luka dari paparan sinar matahari. Sebab, dapat menyebabkan hiper pigmentasi pada bekas luka nantinya.

  1. Kompres Es Batu Jika Memar

Jika area sekitar luka mengalami memar atau bengkak, maka Anda dapat mengompresnya menggunakan es batu. Kompres dingin terbukti dapat meredakan memar dengan cepat.

  1. Gunakan Pereda Nyeri Jika Dibutuhkan

Saat jatuh tubuh Si Kecil akan terbentur, tidak hanya bagian lecetnya saja yang akan terasa sakit. Tapi, bagian tubuh lainnya juga. Pada saat baru terjatuh, rasa sakit pada tubuh belum begitu terasa.

BACA JUGA :  Cara Diet Alami dan Sehat

Namun, biasanya beberapa jam kemudian rasa sakit tersebut baru akan terasa. Oleh sebab itu, menyediakan obat pereda nyeri saat Si Keci habis jatuh merupakan hal penting untuk berjaga-jaga.

Meski luka lecet saat Si Kecil Jatuh adalah luka ringan, tapi tidak boleh disepelekan. Anda harus mampu melakukan penanganan pertama luka lecet dengan benar agar tidak terjadinya infeksi dan risiko lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *